Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel - Hallo sahabat Belajar Office, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Microsoft Office, Artikel Microsoft Office Excel 2007, Artikel Microsoft Office Excel 2010, Artikel Microsoft Office Excel 2013, Artikel Microsoft Office Excel 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel
link : Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Baca juga


Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Tutorial Rumus VLOOLUP di Microsft Excel
Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2013
Microsoft Exce 2016

VLOOUP, siapa yang sudah bermain dengan VLOOKUP di Mirosoft Excel jika kamu pengrekap data pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan rumus itu semua. Rumus VLOOKUP sangat banyak kegunaanya  sejak Excel versi  awal atau generasi pertama sampai versi Excel terbaru.

Funsi VLOOKUP adalah funsi excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Sampai namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan Vertical Lookup yang berarti mencari data secara Verticak.  karena di Excel juga terdapat funsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau Horizontal Lookup.

Contoh penulisan rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP9look_valu;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Keterangan:

lookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
table_array : tabel referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value 
col_index_num : nomor kolom pada table_array yang ingin di cari datanya.
range_lookup : pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau yang mendekati.
TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati.
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis
Jika range_lookup dikosongkan atau tidak di isi maka otomatis dianggap sebagai TRUE.

Contoh penerapannya seperti gambar beriku;


Pada gambar diatas kita mencari data nama dan alamat berdasarkan nomor urut, di gambar tersebut terlihat sel C13 sebagai lookup_value atau data yang ingin dicari, data ini berdasarkan kolom pertama dari kiri pada tabel referensi dan tabel referensinya (tabel_array) adalah sel B5 sampai D9.

Pada sel C14 karena kita ingin mencari data nama maka pada col_index_num-nya kita masukkan angka 2 karena kolom nama terletak di kolom kedua dari tabel referensi.

Pada cel C15 karena kita ingin mencari data alamat maka pada col_index_num-nya kita masukkan angka 3 karena kolom alamat terletak di kolom ketiga dari tabel referensi.

Pada range_lookup-nya di masukkan pilihan FALSE agar menampilkan nilai yang sama persis, dan bila pada sel C13 kita masukkan angka yang tidak terdapat dalam kolom pertama tabel referensi misal angka 6 atau 7 maka hasilnya adalah #N/A. Berbeda jika kita mengganti FALSE dengan TRUE yang berarti menampilkan nilai dari yang mendekati, misal kita memasukkan angka 6 atau 7 maka yang ditampilkan adalah data dari angka 5 karena yang lebih dekat ke 6 atau 7 adalah angka 5 maka hasilnya adalah Firman Jakarta.

Rumus VLOOKUP bisa diterapkan pada satu sheet yang sama, atau bisa juga berbeda sheet baik dengan memasukkan alamat sel langsung atau bisa juga dengan membuat define name.

Fungsi VLOOKUP dalam satu Sheet

Untuk menggunakan rumus VLOOKUP dalam satu sheet atau pada sheet yang sama adalah sama seperti contoh yang sudah saya jelaskan diatas jadi gak perlu saya ulangi lagi ya caranya, karena pasti anda sudah bisa atau mengerti dari contoh gambar diatas.

Fungsi VLOOKUP dari Data pada Sheet Lain

Untuk menggunakan rumus VLOOKUP dari data sheet yang lain atau beda sheet, misal data tabel referensinya adalah di Sheet1 dan kita ingin menampilkan/memanggil data tersebut dari Sheet2 atau Sheet3 dan sebagainya maka penulisan rumusnya adalah:

=VLOOKUP(lookup_value;Sheet1!table_array;col_index_num;[range_lookup])

Anda bisa mengubah nama Sheet1 dengan nama sheets dimana data tabel referensi ditempatkan. contohnya sebagai gambar berikut ini:


Fungsi VLOOKUP dengan Define Name

Selain menuliskan alamat tabel_array langsung pada rumus VLOOKUP seperti B5:D9 atau Sheet1!B5:B9 kita juga bisa menggantinya dengan define name atau menamai range tersebut. caranya adalah:

1.  Blok semua data yang dijadikan sebagai tabel referensi, contohnya pada sel B5 sampai D9.
2. Arahkan cursor ke Name Box dan ubah namanya menjadi apa saja, misal DataPenting setelah itu tekan Enter untuk mengahirinya.


Untuk penerapannya tinggal ubah saja data tabel_array dengan define name (name box) tersebut. contoh diterapkan pada VLOOKUP beda sheet. menjadi seperti gambar berikut ini:


Untuk penerapannya tinggal ubah saja data tabel_array dengan define name (name box) tersebut. Nah begitulah tutorial yang amat penting dan singkat.


Demikianlah Artikel Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Sekianlah artikel Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel dengan alamat link https://belajaroffice2017.blogspot.com/2017/04/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di.html

0 Response to "Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel"

Posting Komentar